Selamat datang di Bidang Seni dan Budaya, Balai Pengembangan Talenta Indonesia. Dalam bidang Seni dan Budaya ini terdapat Ajang yang  merupakan wadah bagi para siswa seniman dan budayawan muda untuk menunjukan kemampuan dan kreativitas mereka dalam berbagai bidang seni dan budaya. Dengan dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknlogi  ajang yang ada  dalam  FLS2N ini bertujuan untuk mempromosikan keanekaragaman budaya dan seni Indonesia serta mendorong perkembangan bakat-bakat di bidang seni dan budaya.

Peserta akan memiliki kesempatan untuk tampil dan berkompetisi di hadapan juri dan penonton. Selain itu, ajang ini juga bisa menjadi platform untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide kreatif antara para peserta, serta memperkuat ikatan di antara komunitas pendidikan seni dan budaya di Indonesia.

FLS2N, Festival Lomba Seni Siswa Nasional merupakan ajang talenta yang menggali potensi peserta didik  di jenjang Pendidikan Dasar, Menengah dan Khusus di bidang seni budaya. FLS2N sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik karena melalui FLS2N akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa.

AKPDBK, Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus merupakan ajang untuk mengembangkan kreasi dan sebagai sarana apresiasi bagi PDBK. Melalui AKA-PDBK dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap seni, olahraga, vokasi, dan literasi sehingga memberikan inspirasi kepada mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia, menumbuhkan etos kerja, dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa serta menumbuhkembangkan kemandirian.

NUDC, National University Debating Competition  merupakan tanda semangat dari mahasiswa Indonesia, para talenta potensial di bidang debat, untuk terus bangkit dan memupuk semangat berprestasi tiada henti.
Sebagai salah satu wadah positif bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi
dalam Bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kebanggaan sebagai generasi bangsa.

LDBI, Lomba Debat Bahasa Indonesia  merupakan identifikasi talenta-talenta unggul calon debaters Indonesia jenjang SMA. Melalui ajang LDBI kemampuan dan talenta peseta didik dapat diidentifikasi, dipupuk dan dikembangkan. Dengan semangat Merdeka Belajar, ajang LDBI  dapat menjadi penanda yang lebih kuat bahwa anak-anak Indonesia mampu berpikir merdeka dan berprestasi.

NSDC, National Schools Debating Championship merupakan ajang untuk dapat mengungkapkan gagasan kritis secara verbal dan belajar untuk mempertahankannya secara ilmiah.  Sehingga akan meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menghadapi tantangan masa depan yang cepat berubah, sulit diprediksi dan ambigu. NSDC akan menjadi arena dimana talenta-talenta unggulcalon debaters Indonesia sampai dengan tingkat internasional dapat diidentifikasi dan ditemukan.

KDMI , Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia,  merupakan kompetisi debat tingkat nasional yang melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Lomba ini mempertandingkan kemampuan peserta dalam berdebat dengan argumen yang kuat dan logis. Peserta akan dinilai berdasarkan kualitas penalaran, kefasihan berbicara, serta kemampuan merumuskan dan membela pandangan mereka terhadap topik-topik yang disajikan. unggulcalon debaters Indonesia sampai dengan tingkat internasional dapat diidentifikasi dan ditemukan.

PILMAPRES, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional merupakan sebuah ajang penghargaan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa di tingkat nasional. Lomba ini memilih dan menghormati mahasiswa yang telah menunjukkan keunggulan dalam bidang akademik, kepemimpinan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan prestasi lainnya. Peserta akan dinilai berdasarkan rekam jejak mereka dan berbagai kriteria yang ditentukan oleh komite seleksi.

MTQ-MN , Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan sebagai upaya pembinaan mental dan spiritual untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan pemahaman dan penghayatan terhadap isi kandungan Al-Qur’an. Kompetisi ini memberikan kesempatan untuk mengembangkan minat bakat dan mengaktualisasikan nilai‐nilai kandungan Al-Qur’an, serta menanamkan nilai-nilai Islami di kalangan mahasiswa.

Lomba Paduan SuaraMmahasiswa Nasional merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan melibatkan grup paduan suara dari berbagai perguruan tinggi di tingkat nasional.

Pesparawi merupakan kegiatan paduan suara yang dilaksanakan dengan beranggotakan maksimal 40 orang per tim, peserta merupakan mahasiswa sebagai bagian pembinaan mental dan spiritual, moral dan etika umat Kristen. Sekaligus sebagai wahana perwujudan iman Kristen dalam kehidupan berjemaat, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

 

PEKSIMINAS merupakan puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni. Kegiatan yang berkesinambungan guna memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang seni, baik seni suara, seni pertunjukan, seni sastra, maupun seni rupa