Selamat datang di Bidang Riset dan Inovasi. Ajang ini merupakan wadah bagi para siswa dan mahasiswa di bidang riset dan inovasi untuk menampilkan kemampuan dan kreativitas mereka dalam berbagai bidang riset dan inovasi. Dengan dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, ajang ini bertujuan untuk mengeksplorasi kemampuan siswa dan mahasiswa dalam bidang riset dan inovasi serta mendorong perkembangan bakat-bakat di bidang riset dan inovasi.

Peserta akan memiliki kesempatan untuk tampil dan berkompetisi di hadapan juri dan penonton. Selain itu, ajang ini juga bisa menjadi platform untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide kreatif antara para peserta, serta memperkuat ikatan di antara komunitas pendidikan bidang riset dan inovasi di Indonesia.

LKS (Lomba Kompetensi Siswa) merupakan ajang talenta yang diselenggarakan dalam rangka untuk memotivasi dan meningkatkan kompetensi peserta didik SMK dan SLB dalam menjawab kebutuhan tenaga kerja yang handal, berkarakter, dan terstandar dengan dunia usaha dan dunia industri. Dukungan dunia usaha dan dunia industri memberikan kesempatan dalam mengasah dan menyiapkan kompetensi peserta didik untuk memasuki dunia kerja sangat diperlukan

FIKSI (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia) merupakan ajang talenta untuk membentuk jejaring bagi siswa SMA/MA/SMK yang dapat mendukung kegiatan wirausaha mereka, terutama dalam hal mempertahankan keberlanjutan usahanya. Ajang talenta ini juga dapat membangun aktivasi empati, kepekaan sosial, daya inovasi, dan rasa tanggung jawab, serta kemandirian sosial sampai dengan ekonomi.

OSN (Olimpiade Sains Nasional) merupakan ajang talenta untuk mengidentifikasi serta mengembangkan kompetensi peserta didik SD, SMP dan SMA pada bidang sains. Penyelenggaraan OSN melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini membuka ruang seluas- luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya.

OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) merupakan ajang talenta yang mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik jenjang SMP/SMA yang kritis untuk terus menggali berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar siswa melalui gagasan yang tertulis. Melalui kegiatan ini, kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan.

KRI (Kontes Robot Indonesia) merupakan sebuah ajang kompetisi untuk peserta didik jenjang pendidikan tinggi untuk merancang, membangun, dan mengoperasikan robot. Divisi yang dipertandingkan yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRBSI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI), dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

KRTI (Kontes Robot Terbang Indonesia) merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa untuk merancang dan membangun robot terbang atau drone yang dapat menghadapi berbagai jenis misi dan tantangan. Lomba ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam merancang sistem kontrol, navigasi, dan keamanan untuk robot terbang. Peserta akan bersaing dalam hal desain, performa, dan kehandalan robot terbang yang mereka kembangkan.

KMHE (Kontes Mobil Hemat Energi) merupakan sebuah kompetisi yang mendorong mahasiswa untuk merancang dan membangun mobil yang hemat energi. Lomba ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, aerodinamika, teknologi penggerak, dan sistem penggunaan energi pada mobil. Peserta akan bersaing dalam hal jarak tempuh atau efisiensi energi yang dapat dicapai oleh mobil yang mereka kembangkan.

KKCTBN (Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional) merupakan sebuah ajang kompetisi bagi mahasiswa untuk merancang dan membangun prototipe di bidang teknologi perkapalan-maritim yang inovatif dan efisien. Lomba ini melibatkan perencanaan desain kapal, sistem propulsi, stabilitas, dan keandalan. Peserta akan bersaing dalam hal performa kapal yang mereka kembangkan, termasuk kecepatan, daya angkut, efisiensi bahan bakar, dan kemampuan navigasi.

ONMIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) merupakan sebuah kompetisi tingkat nasional yang fokus pada bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam bagi peserta didik jenjang pendidikan tinggi. Lomba ini diadakan untuk mempromosikan dan mengembangkan pemahaman serta kecintaan terhadap matematika dan ilmu pengetahuan alam di kalangan mahasiswa. Peserta akan mengikuti serangkaian tes yang mencakup berbagai topik di bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi.

LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) merupakan sebuah ajang kompetisi yang diadakan untuk mendorong mahasiswa dalam mengembangkan inovasi digital. Lomba ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menciptakan solusi baru berbasis digital. Beberapa divisi yang ada yakni Inovasi Teknologi Digital Pendidikan, Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan, Video Digital Pendidikan, Poster Digital Pendidikan, dan Microteaching Digital.

SATRIA DATA (Statistika Ria dan Festival Sains Data) merupakan sebuah ajang yang dilaksanakan untuk mengukur kemampuan mahasiswa di bidang statistika dan sains data serta penerapannya. Lomba ini juga mengukur kemampuan soft skill peserta seperti komunikasi, visualisasi, kerjasama, dan kreativitas dalam pemecahan masalah kompleks. Jenis lomba yang diadakan yaitu National Statistics Competition (NSC), Statistics Essay Competition (SEC), Statistics Infographic Competition (SIC), dan Big Data Challenge (BDC).

GEMASTIK (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan sebuah ajang kompetisi yang diadakan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan solusi teknologi kreatif, seperti perangkat lunak, aplikasi mobile, atau proyek-proyek teknologi lainnya. Peserta akan menunjukkan keahlian dalam pemrograman, desain antarmuka, analisis data, dan penerapan teknologi informasi yang inovatif.

KJI (Kompetisi Jembatan Indonesia) merupakan kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa jurusan teknik sipil dari seluruh pendidikan tinggi di Indonesia. Tujuannya yaitu untuk menumbuhkan daya tarik bagi mahasiswa untuk lebih mendalami perancangan dan pembuatan jembatan sehingga menghasilkan sebuah inovasi dan kreativitas dalam desain dan konstruksi jembatan di Indonesia. Dengan hasil rancangan jembatan yang kuat, ekonomis, indah, dan ramah lingkungan.

KBMK (Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan) merupakan sebuah ajang kompetisi bagi peserta didik jenjang pendidikan tinggi yang diadakan untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam bidang ilmu bisnis, manajemen, dan keuangan. Bidang yang dilombakan yaitu bidang perencanaan bisnis, riset investasi, keuangan audit investigatif, komersialisasi riset dan teknologi tepat guna, dan penulisan karya tulis ilmiah.

PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) merupakan ajang talenta yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai pendidikan tinggi di seluruh Indonesia. Pada ajang ini, para mahasiswa mempresentasikan hasil penelitian dan karya ilmiah mereka berupa poster, makalah, dan presentasi lisan. PIMNAS bertujuan untuk mendorong dan mengapresiasi kreativitas, inovasi, serta kontribusi mahasiswa dalam bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

KBGI (Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia) merupakan sebuah ajang kompetisi bagi mahasiswa yang memfokuskan pada bidang perencanaan dan perancangan bangunan gedung. Lomba ini mengajak peserta untuk merancang dan mengembangkan proyek-proyek arsitektur yang inovatif dan berkelanjutan. Peserta akan menunjukkan kemampuan dalam merancang tata letak, sistem struktural, efisiensi energi, dan aspek-aspek desain lainnya untuk bangunan gedung.