Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai Unit Pelaksanan Teknis (UPT) di bawah binaan Puspresnas akan turut berkontribusi memerankan fungsi kelembagaan Manajemen Talenta Nasional di Kemendikbudristek yang bertugas melaksanakan amanat RPJMN dalam kebijakan Manajemen Talenta
Nasional (MTN). Ukuran keberhasilan pendidikan dirumuskan sesuai dengan dinamika perubahan sosial dan cara pandang terhadap perkembangan dan eksistensi
manusia. Capaian keberhasilan pendidikan tidak hanya mengukur kemampuan atas penguasaan kompetensi lulusan peserta didik melalui ujian sekolah atau ujian nasional tetapi meluas pada aktualisasi minat, bakat, dan potensi peserta didik sebagai talenta. Capaian pembangunan pendidikan tidak cukup lagi diukur pada dimensi output atau luaran dari pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan dalam jangka pendek. Perluasan keberhasilan perlu dilakukan pada dimensi outcome berupa dampak kinerja lulusan dalam jangka menengah bagi diri dan keluarganya dalam makna pengembangan karir belajar dan karir profesional.
Dalam jangka panjang, keberhasilan pendidikan harus sampai pada dimensi impact atau pengaruh pendidikan dalam jangka panjang bagi sektor ekonomi, sosial, politik, kesehatan, dan lingkungan hidup.