Ajang Talenta

O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional) merupakan ajang talenta yang mengidentifikasi dan mengembangkan kebugaran peserta didik jenjang Pendidikan Dasar, Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus. O2SN juga ikut andil dalam mendukung Desain Besar Olahraga Nasional. Ajang yang telah diselenggarakan lebih dari satu dasawarsa ini sudah berkontribusi pada keberhasilan pembinaan dan pengembangan olahraga di tingkat sekolah sampai tingkat nasional

GSI (Gala Siswa Indonesia) merupakan wadah bagi para peserta didik SMP dalam menumbuhkembangkan minat, bakat dan prestasi dalam bidang sepakbola, melalui pembinaan kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan sekolah. Penyelenggaraan GSI ini diminati para pencinta sepakbola dalam menumbuhkan atmosfer pertandingan dan menghidupkan kembali pertandingan sepakbola mulai tingkat kecamatan hingga nasional

POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional) merupakan sebuah ajang kompetisi olahraga yang melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Lomba ini menyediakan kesempatan bagi mahasiswa untuk berkompetisi dalam berbagai cabang olahraga. Cabang olahraga di tahun ini yaitu atletik, panjat tebing, renang, karate, gulat, taekwondo, tenis lapangan, kempo, catur, pencak silat, bridge, sepak takraw, futsal, bulu tangkis, bola basket dan bola voli pasir

LKS (Lomba Kompetensi Siswa) merupakan ajang talenta yang diselenggarakan dalam rangka untuk memotivasi dan meningkatkan kompetensi peserta didik SMK dan SLB dalam menjawab kebutuhan tenaga kerja yang handal, berkarakter, dan terstandar dengan dunia usaha dan dunia industri. Dukungan dunia usaha dan dunia industri memberikan kesempatan dalam mengasah dan menyiapkan kompetensi peserta didik untuk memasuki dunia kerja sangat diperlukan

FIKSI (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia) merupakan ajang talenta untuk membentuk jejaring bagi siswa SMA/MA/SMK yang dapat mendukung kegiatan wirausaha mereka, terutama dalam hal mempertahankan keberlanjutan usahanya. Ajang talenta ini juga dapat membangun aktivasi empati, kepekaan sosial, daya inovasi, dan rasa tanggung jawab, serta kemandirian sosial sampai dengan ekonomi.

OSN (Olimpiade Sains Nasional) merupakan ajang talenta untuk mengidentifikasi serta mengembangkan kompetensi peserta didik SD, SMP dan SMA pada bidang sains. Penyelenggaraan OSN melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini membuka ruang seluas- luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan teknologi serta mencapai puncak potensi terbaiknya.

 

BANK SOAL OSN

OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia) merupakan ajang talenta yang mengembangkan kemampuan berpikir peserta didik jenjang SMP/SMA yang kritis untuk terus menggali berbagai gejala, peristiwa, dan potensi yang ada di lingkungan sekitar siswa melalui gagasan yang tertulis. Melalui kegiatan ini, kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar, termasuk menggali potensi sumber daya lokal yang memiliki dampak global akan terus ditumbuhkan.

KRI (Kontes Robot Indonesia) merupakan sebuah ajang kompetisi untuk peserta didik jenjang pendidikan tinggi untuk merancang, membangun, dan mengoperasikan robot. Divisi yang dipertandingkan yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRBSI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTI), dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

KRTI (Kontes Robot Terbang Indonesia) merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa untuk merancang dan membangun robot terbang atau drone yang dapat menghadapi berbagai jenis misi dan tantangan. Lomba ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam merancang sistem kontrol, navigasi, dan keamanan untuk robot terbang. Peserta akan bersaing dalam hal desain, performa, dan kehandalan robot terbang yang mereka kembangkan.

KMHE (Kontes Mobil Hemat Energi) merupakan sebuah kompetisi yang mendorong mahasiswa untuk merancang dan membangun mobil yang hemat energi. Lomba ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam mengoptimalkan efisiensi bahan bakar, aerodinamika, teknologi penggerak, dan sistem penggunaan energi pada mobil. Peserta akan bersaing dalam hal jarak tempuh atau efisiensi energi yang dapat dicapai oleh mobil yang mereka kembangkan.

KKCTBN (Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional) merupakan sebuah ajang kompetisi bagi mahasiswa untuk merancang dan membangun prototipe di bidang teknologi perkapalan-maritim yang inovatif dan efisien. Lomba ini melibatkan perencanaan desain kapal, sistem propulsi, stabilitas, dan keandalan. Peserta akan bersaing dalam hal performa kapal yang mereka kembangkan, termasuk kecepatan, daya angkut, efisiensi bahan bakar, dan kemampuan navigasi.

ONMIPA (Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam) merupakan sebuah kompetisi tingkat nasional yang fokus pada bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam bagi peserta didik jenjang pendidikan tinggi. Lomba ini diadakan untuk mempromosikan dan mengembangkan pemahaman serta kecintaan terhadap matematika dan ilmu pengetahuan alam di kalangan mahasiswa. Peserta akan mengikuti serangkaian tes yang mencakup berbagai topik di bidang matematika, fisika, kimia, dan biologi.

 

BANK SOAL ONMIPA

LIDM (Lomba Inovasi Digital Mahasiswa) merupakan sebuah ajang kompetisi yang diadakan untuk mendorong mahasiswa dalam mengembangkan inovasi digital. Lomba ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menciptakan solusi baru berbasis digital. Beberapa divisi yang ada yakni Inovasi Teknologi Digital Pendidikan, Inovasi Pembelajaran Digital Pendidikan, Video Digital Pendidikan, Poster Digital Pendidikan, dan Microteaching Digital.

SATRIA DATA (Statistika Ria dan Festival Sains Data) merupakan sebuah ajang yang dilaksanakan untuk mengukur kemampuan mahasiswa di bidang statistika dan sains data serta penerapannya. Lomba ini juga mengukur kemampuan soft skill peserta seperti komunikasi, visualisasi, kerjasama, dan kreativitas dalam pemecahan masalah kompleks. Jenis lomba yang diadakan yaitu National Statistics Competition (NSC), Statistics Essay Competition (SEC), Statistics Infographic Competition (SIC), dan Big Data Challenge (BDC).

GEMASTIK (Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi) merupakan sebuah ajang kompetisi yang diadakan untuk menguji kemampuan mahasiswa dalam mengembangkan solusi teknologi kreatif, seperti perangkat lunak, aplikasi mobile, atau proyek-proyek teknologi lainnya. Peserta akan menunjukkan keahlian dalam pemrograman, desain antarmuka, analisis data, dan penerapan teknologi informasi yang inovatif.

KJI (Kompetisi Jembatan Indonesia) merupakan kompetisi yang diikuti oleh mahasiswa jurusan teknik sipil dari seluruh pendidikan tinggi di Indonesia. Tujuannya yaitu untuk menumbuhkan daya tarik bagi mahasiswa untuk lebih mendalami perancangan dan pembuatan jembatan sehingga menghasilkan sebuah inovasi dan kreativitas dalam desain dan konstruksi jembatan di Indonesia. Dengan hasil rancangan jembatan yang kuat, ekonomis, indah, dan ramah lingkungan.

KBMK (Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan) merupakan sebuah ajang kompetisi bagi peserta didik jenjang pendidikan tinggi yang diadakan untuk menguji pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan dalam bidang ilmu bisnis, manajemen, dan keuangan. Bidang yang dilombakan yaitu bidang perencanaan bisnis, riset investasi, keuangan audit investigatif, komersialisasi riset dan teknologi tepat guna, dan penulisan karya tulis ilmiah.

PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) merupakan ajang talenta yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai pendidikan tinggi di seluruh Indonesia. Pada ajang ini, para mahasiswa mempresentasikan hasil penelitian dan karya ilmiah mereka berupa poster, makalah, dan presentasi lisan. PIMNAS bertujuan untuk mendorong dan mengapresiasi kreativitas, inovasi, serta kontribusi mahasiswa dalam bidang penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

KBGI (Kompetisi Bangunan Gedung Indonesia) merupakan sebuah ajang kompetisi bagi mahasiswa yang memfokuskan pada bidang perencanaan dan perancangan bangunan gedung. Lomba ini mengajak peserta untuk merancang dan mengembangkan proyek-proyek arsitektur yang inovatif dan berkelanjutan. Peserta akan menunjukkan kemampuan dalam merancang tata letak, sistem struktural, efisiensi energi, dan aspek-aspek desain lainnya untuk bangunan gedung.

FLS2N, Festival Lomba Seni Siswa Nasional merupakan ajang talenta yang menggali potensi peserta didik  di jenjang Pendidikan Dasar, Menengah dan Khusus di bidang seni budaya. FLS2N sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik karena melalui FLS2N akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa.

AKPDBK, Ajang Kreasi dan Apresiasi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus merupakan ajang untuk mengembangkan kreasi dan sebagai sarana apresiasi bagi PDBK. Melalui AKA-PDBK dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap seni, olahraga, vokasi, dan literasi sehingga memberikan inspirasi kepada mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia, menumbuhkan etos kerja, dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa serta menumbuhkembangkan kemandirian.

NUDC, National University Debating Competition  merupakan tanda semangat dari mahasiswa Indonesia, para talenta potensial di bidang debat, untuk terus bangkit dan memupuk semangat berprestasi tiada henti.
Sebagai salah satu wadah positif bagi mahasiswa seluruh Indonesia untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis dan berkomunikasi
dalam Bahasa Inggris, meningkatkan kepercayaan diri, mengembangkan jejaring antar perguruan tinggi, dan memupuk rasa kebanggaan sebagai generasi bangsa.

LDBI, Lomba Debat Bahasa Indonesia  merupakan identifikasi talenta-talenta unggul calon debaters Indonesia jenjang SMA. Melalui ajang LDBI kemampuan dan talenta peseta didik dapat diidentifikasi, dipupuk dan dikembangkan. Dengan semangat Merdeka Belajar, ajang LDBI  dapat menjadi penanda yang lebih kuat bahwa anak-anak Indonesia mampu berpikir merdeka dan berprestasi.

NSDC, National Schools Debating Championship merupakan ajang untuk dapat mengungkapkan gagasan kritis secara verbal dan belajar untuk mempertahankannya secara ilmiah.  Sehingga akan meningkatkan kompetensi peserta didik dalam menghadapi tantangan masa depan yang cepat berubah, sulit diprediksi dan ambigu. NSDC akan menjadi arena dimana talenta-talenta unggulcalon debaters Indonesia sampai dengan tingkat internasional dapat diidentifikasi dan ditemukan.

KDMI , Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia,  merupakan kompetisi debat tingkat nasional yang melibatkan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Lomba ini mempertandingkan kemampuan peserta dalam berdebat dengan argumen yang kuat dan logis. Peserta akan dinilai berdasarkan kualitas penalaran, kefasihan berbicara, serta kemampuan merumuskan dan membela pandangan mereka terhadap topik-topik yang disajikan. unggulcalon debaters Indonesia sampai dengan tingkat internasional dapat diidentifikasi dan ditemukan.

PILMAPRES, Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Nasional merupakan sebuah ajang penghargaan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa di tingkat nasional. Lomba ini memilih dan menghormati mahasiswa yang telah menunjukkan keunggulan dalam bidang akademik, kepemimpinan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan prestasi lainnya. Peserta akan dinilai berdasarkan rekam jejak mereka dan berbagai kriteria yang ditentukan oleh komite seleksi.

Lomba Paduan SuaraMmahasiswa Nasional merupakan sebuah kompetisi yang diselenggarakan melibatkan grup paduan suara dari berbagai perguruan tinggi di tingkat nasional.

Pesparawi merupakan kegiatan paduan suara yang dilaksanakan dengan beranggotakan maksimal 40 orang per tim, peserta merupakan mahasiswa sebagai bagian pembinaan mental dan spiritual, moral dan etika umat Kristen. Sekaligus sebagai wahana perwujudan iman Kristen dalam kehidupan berjemaat, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

 

PEKSIMINAS merupakan puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni. Kegiatan yang berkesinambungan guna memberikan wadah bagi mahasiswa dalam meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam bidang seni, baik seni suara, seni pertunjukan, seni sastra, maupun seni rupa